10
Oct
08

Transportasi Jakarta oo jakarta

Ibu kota..kota besar..Metropolitan..Megapolitan..itulah jakarta yang penuh sesak dengan penduduknya, dengan pendatangnya, dengan kendaraannya yang terus bertambah.. (ngomong2 huruf belakang yang ada pada mobil keluaran baru sudah 3 huruf lo..ex : B 4090 FGH  wah banyak bangetkan mobil dijakarta).  ini yang bikin jalanan di jakarta ga ada yang bebas macet. udah dibangun fly over dimana2 underpass dimana2 masih aja macet…

makanya ayo dong jangan pada bawa mobil sendiri2…

naek angkot aja klo kemana2…

gw rasa klo penduduk jakarta pada naek angkot pasti jakarta ga semacet ini… ..tapi pada mau ga ya ???…. apalagi untuk masyarakat kelas atas, kemungkinan hanya mau pake taksi, ato klo kepepet ya naek ojek deh tapi transportasi seperti ojek dan taksi ini tidak menyelesaikan masalah kemacetan yang ada dijakarta. Kerena prinsip public transportation di kota besar adalah “mengangkut orang sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya” bukan berarti ngebut loh…

gw percaya penduduk jakarta sebenernya mau kok menggunakan public transportation, betulkan temen2 ? cuma masalahnya… apa public transportation yang ada dijakarta yang notabennya merupakan fasilitas untuk kota megapolitan ini LAYAK digunakan ? liat aja bus2 yang ada, metromini, angkot dah pada peyot semua. Selain public transportaion itu sendiri hal2 pendukung lainnya juga harus diperhatikan, seperti kenyamanan untuk berjalan kaki (fasilitas trotoar) harusnya diperbaiki disemua wilayah jakarta bukan hanya di jalan2 protokol saja. Tingkat kriminalitas yg tinggi merupakan hal yang menyebabkan kurangnya minat masyrakat menggunakan public transportation. ayo dong pak polisi tangkepin tuh copet, jambret, tukang palak, tukang hipnotis, preman terminal dan temen-temennya.  Satu terobosan baru dari pemerintah yang dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan public tranportation yaitu BUSWAY.

Terobosan yang baik karena sesuai dengan prinsip transportasi dikota besar, fasilitas penunjang yang baik serta promosi yang besar2an sehingga masyarakat mengenal dengan baik.. Koridor 1 BUSWAY yang begitu digencar2kan menjadi primadona masyarakat jakarta, dengan antusiasme yang luar biasa. . namun apa ? seiring berjalannya waktu.. proyek2 untuk koridor selanjutnya yang seharusnya terus menambah minat masyarakat jakarta untuk berpaling dari transportasi pribadi ke public transportation terlihat loyo. Back up pemerintah yang begitu baik dan tegas pada koridor 1 tidak terlihat pada pembangunan koridor lainya..jalur sudah dibangun halte sudah dibangun, namun busnya belum diproduksi. perawatannyapun bisa dibilang “nol”. belum dugunakan namun sudah rusak dicorat-coret, sekrup banyak yang lepas, kaca halte pecah dll.

apa pemerintah hanya memiliki separuh niat meneruskan proyek ini. proyek yang  menurut para ahli merupakan Solusi yang murah meriah dan tepat yang dapat mengatasi masalah kemacetan dijakarta. Pada pembangunan public transportation diperlukan “tiga E”  menurut salah satu guru besar transportasi Un. Indonesia yaitu Engineering, Education, dan Enforcement. nah hal ketiga “enforcement” inilah yang kurang dilakukan pada perencanaan busway..

teman2 kita selaku masyrakat punya hak untuk mendapatkan fasilitas public transportation yang baik dari pemerintah maka dari itu mari kita dorong pemerintah untuk menjalankan Transportasi yang baik dan Layak. kita support pemerintah untuk menjalankan solusi2 terbaiknya dan yang terpenting mari kita rawat fasilitas yang telah ada karena ini dalah fasilitas kita bersama kawan =p


3 Responses to “Transportasi Jakarta oo jakarta”


  1. 1 antiu
    October 17, 2008 at 3:40 pm

    ramm..hihi, i link u back yah?

    anyways, iya, penduduk jakarta makin melimpah ruah ram..bayangin aja, kakek buyut, punya anak, punya cucu, punya cicit, punya (abis cicit apa seh?hekhek)..dan mereka semua gak ada yang pindah dari Jakarta, terus berkembang biak. Kalo rezeki, mereka semua makin kaya, daya beli makin tinggi, dan satu keluarga bisa punya dua atau tiga mobil..wueh..kebayang sumpeknya jakarta kaya apa ya ram? kalo gak, bayangin aja pas kemaren lebaran, sanak saudara kumpul semua..satu persatu dateng..naik motor..naik mobil..segitu aja udah repot ngatur parkirnya..gak kebayang deh klo mobil satu jakarta dikumpulin..

    hhh…tarik napas panjang klo mikirin jalanan jakarta jam berangkat dan pulang kantor..hehehe

  2. July 1, 2009 at 3:36 am

    Bener tu mba…jakarta ibukota kita tercinta ini keliatannya punya persoalan besar dengan transportasi. Yang saya heran, kaya ngga ada tindakan antisipatif dari Dep. Perhubungan. Selain mobil pribadi dan public transport yang ada, jakarta juga dipenuhi motor yang mungkin ratusan juta jumlahnya, sama mba…platnya juga sampe 3 digit di belakangnya. Udah gitu, sebagian besar motor dikendarai 1 orang aja, makin deh tambah macet. Selain motor, ada juga taksi, yang jumlahnya luar biasa banyak, perhatiin deh, dari 4 – 5 mobil pribadi, mesti ada 1 taksi nyelip disitu. Emang sih, karena demand-nya ada, tp jadi nambah2 kemacetan…
    Oiya….busway sekarang pelayanannya bt abisss…. pernah dong nunggu di halte sampe hampir 1 jam. Parah..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Tawa kecil yang mudah-mudahan Bermanfaat

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RaMaTaWaRaMaTaWaRaMaTaWa

Blog Stats

  • 22,336 hits

%d bloggers like this: