17
Jun
11

I Believe…

Saat timbul pertanyaan besar mengenai kehidupan..dan ga satupun bisa menjawab

Dia-lah yang bisa nunjukin jawabannya..

Bukan dengan tulisan..
Bukan dengan kata..
dan
Bukan dengan perbuatan..

hanya sekedar “getaran kecil”
yang dapat “meyakinkan hati”
Bahwa “ini jawabannya”

…Suara Hati
***** *******

14
Jun
11

1 minggu lagi

Dah 6 blan ini gw ngejalanin program Management Trainee di kntor… dan tepat 1 minggu lagi kita mulai penempatan di dept. Masing2.

Ya sedih pastiny pisah ama temen2 yg bisa disebut “teman seperjuangan” ditambah ada 3 orang yg dpt penempatan di unit Cirebon..

Biarpun keadaan kelas yg ribut..dan kelakuannya yg menurut gw dah ga pantes keluar di dunia profesional hehehe (ini pandangan jujur gw sih) tapi dengan mereka dan dari mereka gw bnyak blajar ttg banyak hal…..dikelas, dilapangan, ato pun diluar kantor gw bnyak blajar dr mereka..

Yang jelas panjang bgt crita 6 bulan keblakang ttg kita semua. Dan sptny hampir semua dari 37 orang peserta ini merasakan hal yang sama kaya gw yaitu berat buat pisah dan pengenny sih bisa bareng2 terus..
Tapi..ya semua harus tetap berjalan..

Ini ngingetin gw dengan kalimat dari salah satu temen gw saat ngelawatin masalah yang cukup berat menurut gw..

gini katanya

“ga semua yang kita cintai bisa kita miliki dan ga semua yang kita benci bisa kita tolak/hindari dan hidup adalah bagaimana kita belajar buat menerima dan menghadapi itu semua”

Dan sekarang gw lagi duduk paling belakang dikelas sambil inget2 moment pembelajaran yg dah gw dapet bersama teman2 di hadapan gw ini.

Thanks a lot… guys
:p:p:p

13
Jun
11

Arti sebuah Kesuksesan ?

2 hari yg lalu pngen nulis ini..dan baru bisa hari ini.

Malam minggu seperti biasa gw ngopi2 buat ngisi waktu dan sekalian menjamu teman dr medan yg datang k jakarta.
Dari obrolan biasa keluarlah kata sukses dr crita salah satu teman disana. Mulailah kami masing2 mendefinisikan arti sukses menurut pribadi masing2..

Beberapa teman memandang kesuksesan seseorang dari kemapanan hidup dan pencapaian orang tsb. Dan ada juga yang mendefinisikan sukses adalah sebuah hasil dari jerih payah dan usaha kita.. tambahan lagi menurut teman gw yg lain bahwa sukses itu adalah keadaan dimana lo bisa senang dengan semua dan apapun yg lo jalanin..

Dan gw sendiri sebenerny punya bnyak definisi tentang sukses…hmm ini yg paling ad di otak gw. Sukses merupakan sejauh mana usaha kita untuk ngejar tujuan kita. Apapun hasilny (karna menurut gw hasil mrpakan khendak Allah SWT).

Memang sangatlah luas jika kita mengartikan arti kata sukses ini yang mana menjadi salah satu tujuan hidup manusia.

Karena relatifny arti sukses menurut setiap orang…maka

*Arti sukses menurut kita blum tntu sukses menurut orang lain.

*Dan kesuksesan bagi kita blum tntu kesuksesan bagi orang lain.

*Dan mdh2an kita bisa mencapai kesuksesan sesuai makna pribdi kita.,

Sukses guys….  

08
May
11

Belajar dari Botol Acar

Artikel ini bukan tulisan gw..
Tpi gw ambil dari blogny Aidil Akbar dan katany ini jga bukan tulisannya tpi dia copy paste dari millis HIPMI yang tidak terdapat keterangan siapa penulisnya..

Mudah2an memberi semangatttt.

Setahuku, botol acar besar itu selalu ada di lantai di samping lemari di kamar orangtuaku. Sebelum tidur, Ayah selalu
mengosongkan kantong celananya lalu memasukkan semua uang recehnya ke
dalam botol itu. Sebagai anak kecil, aku senang mendengar gemerincing koin yang
dijatuhkan ke dalam botol itu. Bunyi gemericingnya nyaring jika botol itu baru terisi sedikit. Nada gemerincingnya menjadi rendah ketika isinya semakin
penuh. Aku suka jongkok di lantai di depan botol itu, mengagumi keping-keping
perak dan tembaga yang berkilauan seperti harta karun bajak laut ketika sinar matahari menembus jendela kamar tidur.
Jika isinya sudah penuh, Ayah menuangkan koin-koin itu ke meja dapur, menghitung jumlahnya sebelumnya membawanya ke bank. Membawa keping-keping koin itu ke bank selalu merupakan peristiwa besar. Koin-koin itu ditata rapi di dalam kotak kardus dan diletakkan di antara aku dan Ayah di truk tuanya. Setiap kali kami pergi ke bank, Ayah memandangku dengan
penuh harap. “Karena koin-koin ini kau tidak perlu kerja di pabrik tekstil. Nasibmu akan lebih baik daripada nasibku.Kota tua dan pabrik tekstil disini takkan bisa menahanmu.” Setiap kali menyorongkan kotak kardus berisi koin itu ke kasir bank, Ayah selalu tersenyum bangga. “Ini uang kuliah putraku. Dia takkan bekerja di
pabrik tekstil seumur hidup seperti aku.” Pulang dari bank, kami selalu merayakan peristiwa itu dengan membeli es krim. Aku selalu memilih es krim cokelat. Ayah selalu memilih yang vanila. Setelah menerima kembalian dari penjual es krim, Ayah selalu menunjukkan beberapa keping koin kembalian itu kepadaku. “Sampai di rumah, kita isi botol itu lagi.” Ayah selalu menyuruhku memasukkan
koin-koin pertama ke dalam botol yang masih kosong. Ketika koin-koin itu jatuh bergemerincing nyaring, kami saling berpandangan sambil tersenyum. “Kau akan bisa kuliah berkat koin satu penny,
nickle, dime, dan quarter,” katanya. “Kau pasti bisa kuliah. ayah jamin.” Tahun demi tahun berlalu. Aku akhirnya memang berhasil kuliah dan lulus dari
universitas dan mendapat pekerjaan di kota lain. Pernah, waktu mengunjungi orangtuaku, aku menelepon dari telepon
di kamar tidur mereka. Kulihat botol acar itu tak ada lagi. Botol acar itu sudah menyelesaikan tugasnya dan sudah di pindahkan entah ke mana. Leherku serasa tercekat ketika mataku memandang lantai
di samping lemari tempat botol acar itu biasa di letakkan.
Ayahku bukan orang yang banyak bicara, dia tidak pernah menceramahi aku tentang pentingnya tekad yang kuat, ketekunan, dan keyakinan. Bagiku, botol acar itu telah
mengajarkan nilai-nilai itu dengan lebih nyata daripada kata-kata indah. Setelah menikah, kuceritakan kepada
Susan, istriku, betapa pentingnya peran botol acar yang tampaknya sepele itu dalam hidupku. Bagiku, botol acar itu melambangkan betapa besarnya cinta Ayah padaku. Dalam keadaan keuangan sesulit apa pun, setiap malam Ayah selalu mengisi botol acar itu dengan koin. Bahkan di musim panas ketika ayah diberhentikan dari pabrik tekstil dan Ibu terpaksa hanya menyajikan buncis kalengan selama berminggu-minggu, satu keping pun tak pernah di ambil dari botol acar itu. Sebaliknya, sambil memandangku dari
seberang meja dan menyiram buncis itu dengan saus agar ada rasanya sedikit, Ayah semakin meneguhkan tekadnya untuk
mencarikan jalan keluar bagiku. “Kalau kau sudah tamat kuliah,” katanya dengan mata berkilat-kilat, “kau tak perlu makan buncis kecuali jika kau memang mau.”

Liburan Natal pertama setelah lahirnya putri kami Jessica, kami habiskan di rumah orangtuaku. Setelah makan malam, Ayah
dan Ibu duduk berdampingan di sofa, bergantian memandangku cucu pertama
mereka. Jessica menangis lirih. Kemudian Susan mengambilnya dari pelukan Ayah. “Mungkin popoknya basah,” kata Susan,
lalu di bawanya Jessica ke kamar tidur orangtuaku untuk di ganti popoknya. Susan kembali ke ruang keluarga dengan mata berkaca-kaca. Dia meletakkan Jessica ke pangkuan Ayah, lalu menggandeng tanganku dan tanpa berkata apa-apa mengajakku ke kamar. “Lihat,” katanya lembut, matanya memandang lantai di
samping lemari. Aku terkejut. Di lantai, seakan tidak pernah di singkirkan, berdiri botol acar yang sudah tua itu. Di dalamnya
ada beberapa keping koin. Aku mendekati botol itu, merogoh saku celanaku, dan mengeluarkan segenggam koin. Dengan perasaan haru kumasukkan koin-koin itu kedalam botol. Aku mengangkat kepala dan melihat Ayah. Dia
menggendong Jessica dan tanpa suara telah masuk ke kamar. Kami berpandangan. Aku tahu, Ayah juga merasakan keharuan yang sama. Kami tak kuasa berkata-kata.

Sumber : Facebook Kumpulan Kisah Inspirasi Hidup

08
Sep
09

Rahmat -Nya

Lagi di kantor niy… ada artikel kecil mudah2 bisa membuat ibadah puasa kita menjadi lebih berarti…..

Kata Nabi SAW, “Amal soleh yang kalian lakukan tidak bisa memasukkan  kalian ke surga”. Lalu para sahabat bertanya: “Bagaimana dengan Engkau  ya  Rasulullah ?

“. Jawab Rasulullah SAW : “Amal soleh saya pun juga  tidak cukup”. Lalu para sahabat kembali bertanya : “Kalau begitu dengan  apa kita masuk

surga?”. Nabi SAW kembali menjawab : “Kita dapat masuk surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah semata”.

       Jadi sholat  kita, puasa kita, taqarub kita kepada Allah sebenarnya  bukan untuk surga tetapi untuk mendapatkan rahmat Allah. Dengan rahmat Allah itulah kita mendapatkan surga Allah (Insya Allah, Amiin).

23
Nov
08

Komposit (part 1: definisi, klasifikasi, dan aplikasi)

Perkembangan dibidang teknologi dan sciences belakangan ini mendorong material komposit banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi produk. Secara global material komposit dikembangkan untuk menggantikan material logam yang banyak digunakan sebelum berkembangnya material komposit .

Definisi Komposit

Komposit didefinisikan sebagai dua macam atau lebih material yang digabungkan atau dikombinasikan dalam skala makroskopis ( dapat terlihat langsung oleh mata)sehingga menjadi material baru yang lebih berguna.komposit terdiri dari 2 bagian utama yaitu :
  • Matriks, berfungsi untuk perekat atau pengikat dan pelindung filler (pengisi) dari kerusakan eksternal. Matriks yang umum digunakan : carbon, glass, kevlar, dll
  • Filler (pengisi), berfungsi sebagai Penguat dari matriks. Filler yang umum digunakan : carbon, glass, aramid, kevlar

Klasifikasi Komposit

– Berdasarkan Matriks yang digunakan

  • MMC : Metal Matriks Composite (menggunakan matriks logam)
  • CMC : Ceramic Matriks Composite (menggunakan matriks ceramic)
  • PMC : Polymer Matriks Composite (menggunakan matriks polymer)
PMC (Polymer Matriks Composite) merupakan matriks yang paling umum digunakan pada material komposit. Karena memiliki sifat yang lebih tahan karat, korosi dan lebih ringan. Matriks polymer terbagi 2 yaitu termoset dan termoplastikPerbedaannya polymer termoset tidak dapat didaur ulang sedangkan termoplastik dapat didaur ulang sehingga lebih banyak digunakan belakangan ini. Jenis2 termoplastik yang biasa digunakan : polypropylene (PP), polystryrene (PS), polyethylene (PE), dll. Berikut lambang dari masing2 jenis polymer.
recycling-logos2

– Berdasarkan strukturnya :

  • Particulate Composite Materials (komposit partikel) merupakan jenis Komposit yang menggunakan partikel/butiran sebagai filler (pengisi). Partikel berupa logam atau non logam dapat digunakan sebagai filler.
  • Fibrous Composite Materials (komposit serat) terdiri dari dua komponen penyusun yaitu matriks dan serat.
  • Structural Composite Materials (komposit berlapis) terdiri dari sekurang-kurangnya dua material berbeda yang direkatkan bersama-sama. Proses pelapisan dilakukan dengan mengkombinasikan aspek terbaik dari masing-masing lapisan untuk memperoleh bahan yang berguna.

klas-komposit

Kelebihan material komposit diantaranya adalah :

  • Komposit memiliki densitas yang rendah
  • Tahan Karat dan korosi
  • Ringan

Aplikasi komposit diberbagai bidang :

Komponen pesawat terbang, komponen pesawat luar angkasa, komponen satelit, komponen mesin, komponen kereta, komponen kapal layar, komponen kapal selam, komponen Sepeda, komponen mobil, stick golf, raket tenis, sepatu olahraga, peluru, jembatan, terowongan, rumah, kaki palsu, dll


10
Oct
08

Transportasi Jakarta oo jakarta

Ibu kota..kota besar..Metropolitan..Megapolitan..itulah jakarta yang penuh sesak dengan penduduknya, dengan pendatangnya, dengan kendaraannya yang terus bertambah.. (ngomong2 huruf belakang yang ada pada mobil keluaran baru sudah 3 huruf lo..ex : B 4090 FGH  wah banyak bangetkan mobil dijakarta).  ini yang bikin jalanan di jakarta ga ada yang bebas macet. udah dibangun fly over dimana2 underpass dimana2 masih aja macet…

makanya ayo dong jangan pada bawa mobil sendiri2…

naek angkot aja klo kemana2…

gw rasa klo penduduk jakarta pada naek angkot pasti jakarta ga semacet ini… ..tapi pada mau ga ya ???…. apalagi untuk masyarakat kelas atas, kemungkinan hanya mau pake taksi, ato klo kepepet ya naek ojek deh tapi transportasi seperti ojek dan taksi ini tidak menyelesaikan masalah kemacetan yang ada dijakarta. Kerena prinsip public transportation di kota besar adalah “mengangkut orang sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya” bukan berarti ngebut loh…

gw percaya penduduk jakarta sebenernya mau kok menggunakan public transportation, betulkan temen2 ? cuma masalahnya… apa public transportation yang ada dijakarta yang notabennya merupakan fasilitas untuk kota megapolitan ini LAYAK digunakan ? liat aja bus2 yang ada, metromini, angkot dah pada peyot semua. Selain public transportaion itu sendiri hal2 pendukung lainnya juga harus diperhatikan, seperti kenyamanan untuk berjalan kaki (fasilitas trotoar) harusnya diperbaiki disemua wilayah jakarta bukan hanya di jalan2 protokol saja. Tingkat kriminalitas yg tinggi merupakan hal yang menyebabkan kurangnya minat masyrakat menggunakan public transportation. ayo dong pak polisi tangkepin tuh copet, jambret, tukang palak, tukang hipnotis, preman terminal dan temen-temennya.  Satu terobosan baru dari pemerintah yang dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan public tranportation yaitu BUSWAY.

Terobosan yang baik karena sesuai dengan prinsip transportasi dikota besar, fasilitas penunjang yang baik serta promosi yang besar2an sehingga masyarakat mengenal dengan baik.. Koridor 1 BUSWAY yang begitu digencar2kan menjadi primadona masyarakat jakarta, dengan antusiasme yang luar biasa. . namun apa ? seiring berjalannya waktu.. proyek2 untuk koridor selanjutnya yang seharusnya terus menambah minat masyarakat jakarta untuk berpaling dari transportasi pribadi ke public transportation terlihat loyo. Back up pemerintah yang begitu baik dan tegas pada koridor 1 tidak terlihat pada pembangunan koridor lainya..jalur sudah dibangun halte sudah dibangun, namun busnya belum diproduksi. perawatannyapun bisa dibilang “nol”. belum dugunakan namun sudah rusak dicorat-coret, sekrup banyak yang lepas, kaca halte pecah dll.

apa pemerintah hanya memiliki separuh niat meneruskan proyek ini. proyek yang  menurut para ahli merupakan Solusi yang murah meriah dan tepat yang dapat mengatasi masalah kemacetan dijakarta. Pada pembangunan public transportation diperlukan “tiga E”  menurut salah satu guru besar transportasi Un. Indonesia yaitu Engineering, Education, dan Enforcement. nah hal ketiga “enforcement” inilah yang kurang dilakukan pada perencanaan busway..

teman2 kita selaku masyrakat punya hak untuk mendapatkan fasilitas public transportation yang baik dari pemerintah maka dari itu mari kita dorong pemerintah untuk menjalankan Transportasi yang baik dan Layak. kita support pemerintah untuk menjalankan solusi2 terbaiknya dan yang terpenting mari kita rawat fasilitas yang telah ada karena ini dalah fasilitas kita bersama kawan =p




Tawa kecil yang mudah-mudahan Bermanfaat

June 2017
M T W T F S S
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RaMaTaWaRaMaTaWaRaMaTaWa

Blog Stats

  • 27,013 hits